Embriologi & Genetik

[Embriologi & Genetik][bsummary]

vehicles

[vehicles][bigposts]

business

[Embriologi & Genetik][twocolumns]

Langkah Mudah dan Praktis Untuk Membuat Anjing Anda Berhenti Menyalak

Gonggongan anjing (menyalak) adalah masalah sifat umum  yang dapat membawa masalah serius untuk pemilik hewan. Hal ini dapat membuat mengganggu tetangga, menakuti petugas pos atau loper koran, membuat tetangga tidak dapat tidur, dan terkadang membawa perkara atau tuntutan hukum. 

Di artikel ini anda akan belajar mengapa anjing menggongong dan penyebab gonggongan yang tidak tepat. Anda akan menemukan mengapa operasi atau pembedahan pita suara tidak pernah direkomendasikan dan dipertimbangkan sebagai hal yang tidak etik. 

Saya akan memberikan nasihat kepada anda tentang apa yang tidak boleh dilakukan, lalu anda akan menemukan solusi terpenting dan dapat dengan cepat mempraktikannya untuk mengehentikan gonggongan anjing di rumah anda.

Langkah Mudah dan Praktis Untuk Membuat Anjing Anda Berhenti Menyalak
Anjing menyalak



Menggonggong adalah sifat yang wajar, cara terbaik anjing untuk berkomnuikasi, melindungi dan menjaga, tapi sebuah masalah besar ketika itu terjadi terlalu berlebihan. Menemukan penyebab gonggongan anjing adalah kuncinya, sehingga kita bisa fokus pada masalah ini untuk membantu menghilangkan masalah gonggongan anjing. 

Beberapa alasan umum anjing menggongong : bermain, memberi peringatan, menunjukan kegelisahan atau takut, respons dari bel pintu, menjaga pendatang terhadap properti anda, atau dalam beberapa kasus bisa juga karena kebosanan. 

Beberapa anjing akan menggonggong dalam kandang jeruji (di tempat kennel), respons kepada anjing lain selama di luar , atau hanya sekadar respons pada lingkungan yang berisik (seperti mobil, petir, suara orang, dan sebagainya)

Debarking (pengangkatan pita suara anjing), atau venticulocordectomy adalah prosedur kedokteran hewan dimana pita suara anjing diangkat melalui pembedahan. 

Prosedur ini dinyatakan tidak sah seperti layaknya mutilasi di Inggris, dan semua negara yang telah menandatangani Persetujuan Perlindungan Hewan Peliharaan di Eropa (ECPPA). Operasi membawa resiko, seperti layaknya nestesi, perdarahan parah, infeksi sekunder, dan pengahmbatan proliferasi jaringan parut (scar). 

Menggonggong adalah suatu cara bagaimana anjing berkomunikasi, dan prosedur bedah ini sama saja artinya menghilangkan dasar ekpresi anjing. Saya sendiri setuju dengan pelarangan pembedahan pita suara pada anjing, dan ini memberikan saran kepada anda untuk jangan pernah memikirkan prosedur tak etis ini sebagai pilihan solusi anjing anda di rumah.

Jadi apa yang sebaiknya anda lakukan?

Pertama-tama berhentilah meneriaki anjing anda untuk ‘Berhenti Menggongong’ atau ‘Diamlah!’, faktanya hal ini sebenarnya justru mengakibatkan anjing anda untuk lebih sering menggonggong. Anjing anda akan merasa mendapat sebuah perhatian ketika ia mengonggong, dan beberapa anjing mengerti bahwa penarik perhatian ini justru lebih baik daripada tidak sama sekali. 

Jeratan collar atau kalung anjing dapat menyakitkan bagi anjing, dan sebenarnya dapat membuat anjing anda lebih agresif terhadap pemilik atau anjing lain yang mereka gonggong. 

Jangan berikan anjing anda perhatian positif terlalu cepat setelah menggonggong, seperti mengatakan ‘anjing pintar’ atau ‘anjing baik’ ketika ia akhirnya datang setelah memanggilnya 10 kali.

Lalu, apa usaha yang dilakukan untuk mengentikan gonggongan anjing anda?

Cara yang paling penting untuk memulai adalah kembali lagi pada latihan dasar anjing, dan ajari anjing anda untuk datang ketika dipanggil. Mulailah ketika anda hampir dapat memastikan bahwa anjing anda akan datang, buka ketika ia menggonggong. 

Mulailah di tempat manapun yang minim gangguang atau tanpa gangguan sama sekali, dan gunakan “hadiah lezat” sebagai imbalan positif. Selalu pastikan bahwa imbalan positif diberikan setiap waktu anjing anda datang ketika dipanggil, jangan pernah memberikan hal negatif apapun. 

Jika anjing anda lari setelah menggonggong tetangga anda, dan tidak mau datang saat dipanggil, kejar ia sebagai perlawanan untuk belajar tetap mematuhi anda. Apabila anda ingin ini jadi semacam kebiasaan maka setiap anda memanggil, ia datang, lalu berikan imbalan dengan perhatian postif, manjakan, dan perlakukan dengan baik.

Langkah latihan selanjutnya adalah panggil anjing anda untuk datang ketika ia menggonggong. Ketika ia datang, berikan ia perhatiandan perlakuan positif, dan bila perlu manjakan atau timang ia maka hal ini akan menurunkan kegelisahanya, menunrunkan adrenalin yang menjadi salah satu penyebab anjing menggonggong.

Langkah Mudah dan Praktis Untuk Membuat Anjing Anda Berhenti Menyalak
Latihan memberi perintah

Jaga pola ini, mulai dari memanggil, datang, berikan pujian, dan manjakan ia secara konsisten setiap waktu, hal ini nantinya yang akan membuat anjing anda berhenti menggonggong.

Jaga, dan jauhkan anjing anda dari tempat yang membuatnya selalu menggongong ke lingkungan yang membuatnya nyaman. Jika anjing anda menggongong seketika saja ketika anda meninggalkannya di luar rumah, maka cegah gangguan ini dengan menjaganya tetap di dalam rumah, khususnya ketika anda sedang bekerja. 

Jika anjing anda menggonggong karena merespons bell rumah anda, maka lepaskan instalasi bel tersebut. Buat prioritas untuk tidak membiarkan anjing anda menggonggong secara konstan ketika berada di luar, dan jika perintah panggilan anjing anda tidak bekerja, segera bawa anjing anda ke dalam.

Latihan (exercise) yang cukup adalah satu kunci penting untuk mengatasi masalah sifat anjing ; hal ini memberikan anjing anda tujuan dan membiarkan mereka untuk meregulasi emosi mereka sendiri dengan lebih baik. 

Langkah Mudah dan Praktis Untuk Membuat Anjing Anda Berhenti Menyalak
Latihan rutin bersama anjing anda

Gabungkan latihan memanggil anjing tadi ketika jalan-jalan, dan cobalah untuk membuat prioritas latihan untuk anjing anda sekurang-kurangnya 30 menit 2 kali sehari.  Berlari memberikan akses pada jantung anjing untuk menghasilkan ketenangan, hormon penenang yang dapat membuat anjing lebih sedikit menggonggong.

Bark spray collar (kalung spray anjing), seperti kalung spray sitronella (citronella collar spray), dapat membantu jika anjing menolak latihan, dan tak memerlukan pengawasan dalam periode singkat apabila anjing dibawa keluar. 

Langkah Mudah dan Praktis Untuk Membuat Anjing Anda Berhenti Menyalak
Citronella spray collar


Kalung ini dirancang untuk menyemprotkan zat sitronella yang non toksik untuk merespons hidung anjing yang menggonggong, dan menyebabkan kebanyakan anjing diam dalam sekejap. Beberapa masalah di tempat penampungan (shelter) anjing direspon baik dengan adanya kalung sitronella, ini menghentikan gonggongan pada orang yang lewat dan membuat anjing tidak agresif.

Tipe sentuhan terapuetik, yang disebut sentuhan Tellington. Wilayah yang paling efektif adalah telinga. Pegang perlahan-lahan daun telinga diantara jari jempol dan telunjuk. 

Pelan-pelan melangkahlah dari bagian dasar telinga ke bagian ujung telinga, lakukan hal ini berulang-ulang. Gunakan jari yang sama untuk menarik lubang besar pada bagian dasar telinga. Cobalah teknik ini pada anjing anda saat ia tenang. Jika ia bereaksi dengan baik, maka lakukan hal ini sewaktu anjing menggonggong.

Gonggongan anjing sungguh-sungguh dapat dikendalikan, khususnya ketika anda mengerti mengapa anjing anda menggonggong. Penyebabnya bervariasi, tapi anda harus bisa menerima bahwa itu merupakan cara normal anjing untuk berkomunikasi. 

Anjing anda akan menggongong saat ia membutuhkan perhatian. Ventrikulocordectomy disetujui sebagai pembedahan hewan yang tak etis yang dapat menyebabkan kerugian dan sebaiknya jangan pernah memikirkan opsi ini sebagai pilihan. 

Kembalilah ke latihan dasar, mulailah mengajari anjing anda untuk datang saat anda memanggil. Pertimbangkan juga untuk menggunakan kalung spray sitronella jika anjing anda di luar sulit di atur, lalu liatlah pada beberapa percobaan menyeluruh pilihan anti-gonggongan bersama dengan latihan rutin anjing anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar